Jenis-Jenis Senam Hamil Yang Bisa Bunda Lakukan Sendiri di Rumah

Bicara soal artikel kesehatan ibu hamil, pasti banyak sekali di internet. Mengingat topik ini adalah salah satu jenis topik yang banyak di cari oleh para pengguna internet. Sayangnya beberapa artikel tentang kesehatan ibu hamil tidak ditulis secara kredibel. Banyak penulis kesehatan yang tidak memiliki latar belakang pernah belajar tentang dunia kesehatan. Lebih paranya lagi, ketika menulis tidak dilakukan dari sumber yang baik dan benar. Sehingga kita wajib berhati-hati dan memilih mana artikel kesehatan kehamilan yang baik.

Salah satu bahan bacaan yang banyak di ulas di internet adalah seputar senam kehamilan. Senam kehamilan biasanya memiliki tujuan untuk mempermudah ibu hamil ketika melakukan persalinan, sehingga banyak dilakukan oleh ibu hamil. Sebab banyak ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal. Nah senam kehamilan ini, biasanya dilakukan selama 20 hingga 30 menit saja dalam sehari.

Jika kamu ingin melakukan senam kehamilan, ada baiknya kamu terlebih dahulu konsultasi kepada dokter kehamilan kamu. ada baiknya pula, senam kehamilan kamu lakukan pertama kali dengan ditemani instruktur atau minimal ditemani seseorang yang memahami dunia senam kehamilan. Atau kamu bisa pula bergabung dengan kelompok senam hamil. Baru setelah kamu memahami konsep dasar dan gerakanya, bisa kamu lakukan sendirian. Berikut beberapa jenis senam kehamilan yang bisa kamu lakukan di rumah.

  1. Push-up dinding

Jenis senam ini sangat bermafaat untuk ibu hamil yang ingin memperkuat bagian dada dan otot trisep. Untuk melakukan senam jenis ini, gerakanya cukup mudah. bunda hanya perlu:

  • Pertama-tama menghadaplah ke bagian tembok, dengan posisi tangan lurus bersandar ke dinding. Jika dilihat dari samping, tubuh bunda akan terlihat agak condong ke depan, seolah-olah sedang mendorong dinding. Lalu buka kaki sejajar bahu.
  • Secara perlahan-lahan, tekuk siku dan dekatkan ke bagian dada hingga dagu juga ikut mendekat ke dinding. Jaga posisi ini supaya punggung bunda tetap lurus.
  • Setelah itu kembali ke posisi semula kalau bunda merasa lelah. Bunda cukup lakukan dengan pengulangan sebanyak 15 kali saja.
  1. Berjongkok

Selain push up, bunda juga bisa melakukan senam berjongkok. Jenis senam ini memiliki manfaat untuk membuka jalan lahir bagi bayi. Bunda bisa mencoba berbagai gerakan ini dengan memanfaatkan bola senam. Tahap-tahap dalam senam, jongkok adalah:

  • Perratama-tama berdirilah dengan posisi membelakangi dinding dengan bola senam yang bunda himpit di antara bagian punggung dan dinding. Lalu bunda buka kaki sedikit saja.
  • Setelah itu, bunda turunkan badan bunda secara perlahan dengan kaki membentuk sudut sebesar 90 derajat.
  • Setelah itu, bunda ulangi dengan kembali ke posisi semula. Bunda lakukan sebanyak 10 kali saja dalam sehari.
  1. Latihan angkat kaki

Berikutnya bunda bisa lakukan angkat kaki, untuk jenis senam ini memiliki tujuan agar memperkuat bagian punggung dan otot perut. Tahap-tahap untuk melakukan senam inia adalah:

  • Pertama-tama ambillah posisi seolah merangkak, dengan bagian lutut membentuk sudut 90 derajat sedang kedua lengan diluruskan. Dengan posisi ini, bunda akan bertumbu pada kedua telapak tangan, yang terletak tegak lurus di bawah bahu.
  • Setelah itu angkat dan luruskan salah satu tungkai bunda sampai sejajar dengan punggung. Tahanlah beberapa saat sebelum bunda kembali ke posisi merangkak.
  • Ulangi gerakan sebanyak 10 kali pada tiap-tiap tungkai baik kiri dan kanan.

Nah itulah beberapa senam sehat untuk ibu hamil yang bisa bunda lakukan di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *