Kiat Merawat Helm Premium

kiat-merawat-helm-premiumKecelakaan bagi pemotor adalah tragedi buruk yang sebisa mungkin ingin dihindari. Salah satu caranya, selalu mengenakan helm saat mengendarai si kuda besi. Akan tetapi, kendati sudah mengenakan helm, hal itu juga tak serta merta bisa menyelamatkan seseorang saat terjadi kecelakaan.

Meskipun tak ada seorang pun yang bisa menghindari kecelakaan terjadi pada dirinya, ia bisa memperbesar keselamatan dengan perlengkapan yang berfungsi lebih. Salah satunya dengan tak sekadar mengenakan helm ketika mengendarai motor, tetapi memilih kualitas helm. Saat ini telah tersedia helm premium.

Baca juga : 6 Langkah Menghidari Penipuan Online

Berdasarkan informasi dari beberapa pemotor, helm premium memiliki beberapa kelebihan. Helm premium cenderung lebih mudah terbelah bahkan hancur jika dihantam kecelakaan yang hebat. Akan tetapi, kondisi kepala di dalam helm bisa jauh lebih baik jika dibandingkan dengan memakai helm bukan premium.

Pengetahuan semacam ini kadang hanya dipahami oleh sebagian orang. Mungkin oleh mereka yang menggemari olahraga balap motor. Padahal, pentingnya keselamatan saat bermotor dengan menggunakan helm yang tepat tak kalah penting untuk semua pengendara sepeda motor.

Helm jenis premium memang dibanderol cukup tinggi untuk pasar Indonesia. Harganya bisa di atas Rp 4 juta hingga puluhan juta rupiah. Oleh karena itu, logikanya, tak sembarangan yang bisa memiliki helm jenis itu. 

Helm yang aktif dipakai tentu perlu dirawat agar daya tahannya lebih lama. Apalagi bicara kesehatan kulit kepala, helm yang jarang dibersihkan bisa membawa dampak buruk untuk kepala dan rambut.

Baca juga : 5 Fakta  Demam Berdarah Dengue yang Wajib Dikeahui

Tak sulit merawat helm premium. Jika ingin praktis, Anda bisa mengantarkan helm berharga Anda ke tempat pencucian helm. Namun, jangan salah, perlakuan terhadap helm premium juga harus premium. Berikut ini kami bagikan tips merawat helm premium.

  • Sebaiknya tidak menyerahkan urusan pencucian helm ke sembarang tempat. Malah, sebaiknya Anda mencucinya sendiri di rumah. Tentu dengan beberapa kiat.
  • Lepaskan bagian dalam helm. Anda bisa mencuci dua bagian tersebut secara terpisah. Untuk bagian dalam helm, gunakan deterjen bayi saat mencucinya. Hal itu bertujuan agar kain dan bentuk bagian dalam helm tidak berubah dan tidak cepat rusak.
  • Jangan menjemur helm di bawah matahari langsung. Cukup diangin-anginkan saja. Panas berlebih bisa membuat helm cepat rusak. Apalagi yang sampai dimasukkan dalam oven, dijamin bakal cepat rusak.
  • Untuk bagian luar helm (cangkang), Anda bisa mengelapnya dengan cairan khusus, seperti di-wax. Tujuannya agar helm jadi kinclong kembali dan tidak membuat kusam motif atau desain helm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *