Hati-hati, Skinny Jeans Bisa Mengganggu Syaraf

skinny-jeansSepatu dengan hak setinggi 12,5 cm, tas tangan yang kelewat berat, dan pakaian yang terlampau ketat. Ck, ck, ck. Kok ada ya wanita yang mau menderita memakainya? Yah begitulah. Wanita sering lupa bahwa bergaya keren dengan mengorbankan kenyamanan bisa berakibat fatal.

Ini salah satu contohnya. Seorang wanita merasakan sensasi aneh di sekujur pahanya. Saat itu ia mengenakan celana ketat (skinny jeans) yang sangat ketat. Ketika bangkit berdiri untuk melangkah, dia merasa semakin aneh. Dia merasa seakan-akan sedang “mengambang” lantaran dia tak bisa menggerakkan kakinya.

Jins super ketat itu mungkin merupakan penyebab serangan penyakit yang dikenal dengan istilah “meralgia paresthetica” atau “sindrom rasa geli di paha”. Kondisi ini muncul akibat tekanan konstan, termasuk dari skinny jeans terhadap paha. Tekanan itu memenggal sisi syaraf femoral cutaneous sehingga terjadilah perasaan kebas atau mati rasa di sekujur paha.

Umumnya penderita gangguan syaraf adalah pekerja bangunan atau petugas kepolisian yang bekerja dengan memakai ikat pinggang berat dan rendah. Wanita hamil serta orang gemuk juga rentan terserang gangguan ini. Namun demikian beberapa tahun terakhir para pakar menemukan semakin banyak wanita muda usia dengan bobot tubuh ideal mengeluhkan gejala-gejala serupa. Penyebabnya: celana jins yang terlalu ketat.

Pada sebagian orang, syaraf rentan terhadap tindihan. Syaraf femoral cutaneous menjulir dari luar panggul hingga paha. Fungsinya murni sebagai syaraf perasa dan sama sekali tidak masuk ke otot atau memberikan kekuatan. Apa saja yang ketat dan mengelilinginya berpotensi menindih syaraf yang ada di sana.

Bayangkan kalau seorang wanita pada satu kesempatan memakai skinny jeans yang dipadukan dengan sepatu berhak tinggi. Tentu saja risiko terserang gangguan syaraf semakin tinggi. Sepatu hak tinggi meningkatkan peluang terkena sensasi mati rasa.

Ini bukan untuk pertama kalinya blue jeans dituding sebagai ancaman kesehatan. Jeans dengan potongan pinggang sangat rendah yang sangat popular pada akhir tahun 90-an dan awal 2000-an juga pemah dikaitkan dengan meralgia paresthetica. Pada tahun 1970-an beredar rumor yang mengaitkan celana jins dengan ketidaksuburan pria serta infeksi jamur pada wanita.

Bedanya, penderita kebas di daerah paha tidak terlalu berisiko mengalami cedera permanen, demikian kesimpulan banyak pakar. Begitu tindihan atau tekanan dihilangkan, maka syaraf kembali berfungsi.

Jadi, jangan terlalu sering memakai skinny jeans ya, terlebih bila Anda padukan dengan sepatu berhak tinggi. Keren sih keren, tapi jika dilakukan memakai skinny jeans bisa mengganggu syaraf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *