8 Aturan Merapikan Rumah

rumah-rapih-dan-bersihSetiap orang ingin memiliki rumah yang tampak rapih dan bersih. Rumah yang tampak rapih dan bersih akan membuat penghuni dan tamu betah atau kerasan berlama-lama di sana. Namun, tidak semua orang mengetahui aturan merapikan rumah.

Berikut ini terdapat 8 aturan merapikan rumah yang dapat Anda praktikkan sendiri di rumah Anda.

Selektif membeli & membawa pulang barang.

Berapa banyak mug dan mouse pad yang benar-benar kamu perlukan? Berapa banyak bando dan jepit yang kamu butuhkan? Berapa banyak pulpen gratisan yang perlu kamu bawa pulang ke rumah? Berapa banyak t-shirt yang mungkin termuat di lemari pakaian kamu? Tidak seberapa banyak tentunya. Kita memerlukan semua barang yang mungkin ada di dunia ini dalam jumlah secukupnya saja. Jangan jadi penimbun barang. Beli dan bawalah pulang ke rumah hanya barang yang benar-benar kamu butuhkan.

Singkirkan atau sumbangkan.

Berikan sebagian harta-benda kamu kepada orang yang lebih membutuhkan. Ketimbang membiarkan kaos teronggok di pojok kamar, sumbangkanlah kapada korban bencana alam atau siapa saja yang memerlukannya.

Perlakukan barang hanya sebagai barang.

Kecil kemungkinan kamu kelak menyesali barang-barang yang telah kamu singkirkan atau berikan pada orang lain. Barang hanyalah barang. Kamu tidak perlu terlalu terikat padanya.

Beli barang bam, singkirkan yang lama.

Jika kamu memutuskan untuk membeli 1 buah barang baru, singkirkanlah 1 barang lama. Dengan metode ini, rumah kamu niscaya tidak akan pernah penuh sesak.

Pertahankan benda yang kamu sayangi.

Hanya karena seseorang memberikan kamu sesuatu, tidak berarti kamu wajib menyimpannya loh, terlebih jika benda itu tldak sesuai dengan selera kamu. Tidak sedikit orang yang mamaksakan selera pribadinya ketika memberikan kado. Bayangkan betapa menyenangkannya rumah kamu jika diisi hanya oleh benda-benda yang kamu sayangi

Kumpulkan barang-barang terserak.

Guna menghindari rumah berantakan setiap harinya, siapkan 1 keranjang atau kotak di tempat-tempat yang paling rentan diseraki barang-barang. Kamu bisa meletakkan 1 wadah di dekat pintu depan untuk mengumpulkan kacamata, kancing yang terlepas dari baju, koin, pena, dan barang-barang lainnya. Jika kamu sedang tidak sibuk, letakkan kembali barang-barang di wadah itu ke tempatnya semula.

Pilih warna putih.

Belilah barang keperluan sehari-hari dalam warna putih polos tanpa corak apapun. Handuk putih, sikat putih, lap putih, tisu putih, lilin putih, dan seterusnya. Warna putih memberikan kesan bersih dan segar.

Gilir koleksi kamu.

Tidak perlu loh kamu memajang semua koleksi kamu dalam sekali waktu. Sumpek! Gilir aja deh. Sebagian koleksi simpan dong di lemari, dan sebagian lainnya dipajang. Dua bulan kemudian pajang sebagian koleksi lainnya.

Semoga dengan 8 aturan merapikan rumah di atas, rumah Anda bisa benar-benar rapih dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *