Konsultasikan Alergi Anak Sekarang Juga Sebelum Terlambat

bayi-bayi-lucu

Alergi adalah suatu kelainan sistem imun dimana sistem imun bereaksi berlebihan terhadap suatu zat tertentu atau disebut sebagai zat allergen. Zat allergen dapat berupa bahan makanan, zat logam, partikel udara maupun suhu atau cuaca. Pada beberapa orang, alergi dapat ditoleransi dengan cepat, namun tidak jarang gejala alergi berujung pada penyakit yang lebih serius tergantung pada seberapa banyak zat allergen yang masuk dalam tubuh. Untuk itu lebih baik konsultasikan alergi apabila sudah ada gejala-gejala yang timbul apalagi alergi yang terjadi pada bayi atau anak kecil.

Alergi baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak dapat menyebabkan gejala yang timbul di berbagai organ tubuh manusia yaitu :

1. Organ pernafasan

Ditimbulkan oleh zat allergen yang dapat masuk melalui hidung seperti debu, serbuk sari atau zat-zat tertentu pada parfum. Gejala yang ditimbulkan beragam sesuai dengan jumlah bahan allergen yang terhirup seperti asma, nyeri dada, bersin-bersin dan batuk.

2. Kulit

Organ kulit sering menjadi akumulasi gejala alergi akibat allergen yang bersentuhan langsung dengannya seperti produk kosmetik, perhiasan, atau bahan popok diapers dan berbagai peralatan bayi yang lain. Gejala alergi pada kulit biasanya ditandai dengan memerahnya kulit dengan munculnya bentol-bentol yang berasa sangat gatal.

Selain di kedua organ tersebut, gejala alergi yang tidak dapat dianggap enteng adalah gejala yang timbul di organ-organ sistem pencernaan. Biasanya disebabkan oleh zat allergen berupa makanan atau minuman. Gejala yang ditimbulkan dapat berupa diare, mual, muntah ataupun konstipasi. Alergi karena zat makanan dapat berakibat fatal jika zat tersebut masuk ke peredaran darah dan menyebabkan gejala di susunan saraf pusat.

Jika gejala alergi sudah sangat menganggu apalagi pada anak kecil maka lebih baik konsultasikan tentang masalah alergi anak pada dokter penyakit dalam ataupun dokter anak. Jika diketahui anak mengalami alergi makanan dan minuman bahan berbasis susu sapi, maka segeralah mengganti susu putra-putri Anda dengan susu yang menggunakan isolat protein kedelai dengan gizi seimbang seperti susu SGM Soya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *