Pantai Nangahale, Pantai Jernih Tawarkan Keindahan Biota Laut

pantai-nangahale-sikkaMencari ketenangan di saat liburan merupakan keinginan sebagian orang untuk menghilangkan kejenuhan dalam menjalankan rutinitas sehari-hari. Beberapa destinasi wisata bisa dijadikan pilihan referensi untuk mendapatkan ketenangan yang Anda cari. Tak salah bila Anda mencoba berkunjung ke Pantai Nangahale di Desa Nangahale, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Daerah yang terletak di Pulau Flores itu berjarak 29 kilometer dari Bandar Udara Frans Seda, Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka, dan hanya dapat ditempuh dengan perjalanan darat selama 30 menit. Akses menuju lokasi tersebut terbilang nyaman untuk pengendara kendaraan bermotor. Namun, pada malam hari, tak banyak lampu penerangan jalan.

Baca juga : Ciwidey Hot Spring Valley Water, Lembah Rekreasi yang Memanjakan Mata

Memasuki Pantai Nangahale, Anda langsung disuguhkan pemandangan yang memesona. Deretan pulau-pulau kecil dan besar membuat cekungan yang disebut Teluk Maumere. Anda seakan-akan berada di sekitar danau yang sangat luas. Begitu juga dengan empasan angin musim timur pada Agustus hingga November yang menuntun air laut seolah tetap tenang dan nyaris tak bergerak.

Pandangan mata kemudian beralih ke bibir pantai. Laut yang sangat jernih bak kaca menampakkan jelas pasir dan batu karang. Bila Anda sejenak berdiri dan memejamkan mata di pantai, yang terdengar hanya bisikan angin dan gemercik ombak dengan suara yang begitu pelan. Jiwa raga pun terbebas dari ingar bingar kesibukan, kepenatan, dan rutinitas.

Keindahan Nangahale bukan saja di sekitar bibir pantai. Dengan menggunakan kapal nelayan tradisional, wisatawan bisa mengunjungi sejumlah pulau di utara Teluk Maumere dengan jarak tempuh sekitar satu jam perjalanan. Pulau-pulau tersebut adalah Pangaban, Dambilah, Pamana. Besar, dan Pulau Babi.

Baca juga : Tegal Panjang, Lembah Tersembunyi yang Meninggalkan Kenangan

Cerita keindahan Teluk Maumere bukan sekadar di perairan pantai. Jika Anda memiliki keahlian menyelam, terumbu karang dan biota laut Teluk Maumere sangat menakjubkan. Di kedalaman dua meter saja penyelam sudah bisa melihat berbagai jenis terumbu karang.

Menurut Pemerintah Kabupaten Sikka menyebutkan, ada sekitar 30 spot menarik di sekitar Teluk Maumere. Ada lebih dan 1.200 spesies ikan yang hidup di dalam laut. Umumnya, arus laut di kedalaman hingga 12 meter tidak terlalu kencang, terutama bagi penyelam amatir.

Untuk melakukan penyelaman hingga pemotretan di dasar Teluk Maumere, wisatawan harus membawa peralatan selam dan kamera sendiri. Di Kabupaten Sikka tak ada tempat penyewaan untuk kegiatan selam. Para nelayan setempat sebenarnya berkeinginan agar pemerintah daerah memberikan pelatihan kepada mereka terutama dalam penggunaan kamera selam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *