Ciwidey Hot Spring Valley Water, Lembah Rekreasi Yang Memanjakan Mata

ciwidey-hot-spring-valley-waterSalah satu yang khas dari kawasan pegunungan adalah kontur tanahnya yang tidak rata. Ada bagian tebing yang memiliki kemiringan cukup ekstrem, ada juga lembah yang lebih landai. Lembah yang sudah indah diciptakan Tuhan, bisa juga ditata menjadi kawasan ekowisata yang akan memanjakan netra, salah satunya adalah Ciwidey Hot Spring Valley Water.

Bandung yang dikelilingi pegunungan memiliki banyak tujuan ekowisata yang menarik saat kita menyusuri daerah di luar perkotaannya. Lembah-lembah pegunungan terisi dengan berbagai hotel, resor, restoran, taman bermain, dan lainnya.

Bila daerah utara sudah cukup sesak, maka kawasan selatan masih relatif lengang. Hasilnya, udaranya masih terasa lebih sejuk bila tidak ingin dikatakan dingin, dan setiap tujuan wisata pun memiliki area yang luas untuk dieksplorasi keindahan alamnya.

Seperti di kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung, dan lebih ke atas lagi tepatnya di Kecamatan Rancabali. Lembah-lembah Gunung Patuha telah dihiasi beberapa kawasan wisata yang bisa dituju untuk berekreasi.

Salah satu one stop accomodation yang menata lembah dengan indah adalah Ciwidey Valley Resort. Lokasi persisnya ada di Jalan Raya Batutunggul KM 17, Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Resor yang baru dibuka itu terlihat memiliki penataan lembah yang indah. Peletakan setiap fasilitas memperhitungkan kontur tanah yang tidak rata namun bisa memanfaatkan setiap ruang yang ada. Penataan lembah itu memang karena mengikuti lokasi yang ditempati resort. Semua fasilitas yang ditata menjadi tempat rekreasi keluarga itu bisa dinikmati. Berbagai fasilitasnya yaitu cottage, area kemping, taman air, taman burung, restoran, dan area bermain.

Berbagai fasilitas yang disajikan di Ciwidey Hot Spring Valley Water telah ditata sesuai kontur tanah. Selain itu, fasilitas rekreasi yang merupakan area terbuka untuk umum pun diposisikan berada di depan. Fasilitas yang bersifat privat diposisikan paling belakang.

Posisi depan resor itu merupakan titik tertinggi. Di sana, fasilitas taman air alias waterpark langsung terlihat. Ada replika gunung batu yang diletakkan di sisi jalan sebagai penanda resor yang mengusung konsep ekowisata itu. Taman air itu menggunakan air alam yang panas bila dibandingkan dengan suhu udara yang dingin. Kandungan belerangnya kecil sehingga tidak terlalu bau.

Taman air itu berangkai juga dengan kolam rendam yang posisinya lebih di bawah, sungai rendam kaki, dan terakhir di posisi paling rendah ada permainan air. Posisinya menurun mengikuti kontur tanah sehingga air alam yang panas itu bisa terus mengalir.

Di dekat sungai rendam itulah ada taman burung yang rencananya diisi ratusan burung dari berbagai jenis. Ada tangga di sisi kandang yang memudahkan pengunjung untuk ikut memberi makan burung-burung di sana. Di sisinya, barulah ada restoran yang menu utamanya menyajikan makanan Sunda.

Setelah itu, di sisi terluar dan sisi terbawah, barulah diposisikan area menginap. Area menginap tentunya bersifat privat sehingga dibuat agak berjarak dengan arena permainan air maupun fasilitas rekreasi umum lainnya.

Di sisi terluar, masih di posisi atas, ada area kemping (camping ground) yang juga bisa langsung terlihat dari sisi jalan. Ada sepuluh tenda permanen yang berukuran kecil maupun untuk ukuran keluarga yang menjadi tempat menginap. Tetapi, berbeda bila kita berkemah sendiri, tenda di sini bersifat permanen. Di dalamnya, ada sarana menginap seperti tempat tidur dan pemanas. Di setiap tenda, ada sarana untuk membuat api unggun.

Di posisi terbawah lembah ini, barulah berjejer cottage yang berkuran tunggal (single) 20 unit dan 2 unit cottage untuk keluarga. Cottage itu memiliki fasilitas dan desain interior seperti umumnya hotel.

Penataan resort yang memiliki fasilitas untuk umum dan privat tetunya harus memperhatikan peletakannya sehingga tidak saling bentrok pemanfaatannya. Dan, tentunya, tempat wisata apapun yang kita kunjungi, pastinya kita ingin mendapatkan pengalaman yang nyaman dan indah. Tak terkecuali di Ciwidey Hot Spring Valley Water.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *