Inilah Mahasiswa Termuda UGM 14 Tahun

arya-bagus-kevin-mahasiswa-termuda-ugmArya Bagus Kevin dinyatakan sebagai mahasiswa baru UGM termuda pada saat PMB tahun akademik 2014/2015 silam. Pada usia 14 tahun 6 bulan 14 hari, Arya memang terlalu muda untuk mengenyam bangku kuliah. Dia diterima jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknis (FT) tahun akademik 2014/2015 lalu. Arya, biasa orang memanggilnya, berasal dari Karanganyar, Surakarta, Jawa Tengah. Dia menempuh pendidikan terakhir di SMA 3 Solo. Dia masuk sekolah dasar pada usia 4 tahun.

Arya yang kelahiran Solo, 23 Februari 2000 itu mengikuti program akselerasi sewaktu SD, SMP dan SMA. Dia lulus SD pada usia 10 tahun. Kemudian pada waktu belajar dibangku SMP pun ditamatkan kira-kira 2 tahun hingga lulus pada usia 12 tahun. Demikian pula saat lulus SMA 3 Solo pun sehingga dalam usia 14 tahun sudah lulus SMA. Dia diberi tahu oleh orangtuanya bila akan ikut program akselerasi dan berjalan lancar semuanya.

Pencapaian Arya sebagai mahasiswa termuda UGM memang luar biasa. Namun menurut psikolog Dra Probowatie Tjondronegoro, M.Si, berpotensi terjadi ketidakseimbangan antara perkembangan sosial dan intelektualitas pada diri Arya. Ada fase yang hilang. Dia masih bocah, remaja yang masih butuh dolan, bermain layaknya anak-anak. Tapi dia sudah dituntut untuk bertanggung jawab penuh, layaknya orang dewasa.

Dalam usia itu, kematangan emosionalnya belum terbentuk. Secara psikologis belum matang. Dia masih anak-anak, butuh main, dan semestinya bergaul dengan teman-teman sebayanya. Arya masih butuh pendampingan, baik oleh lingkungan maupun keluarganya.

Sebab secara kebutuhan antara anak-anak, remaja, dan orang dewasa berbeda-beda. Nah, menghadapi tantangan itu tentu tidak mudah bagi Arya. Ketidakseimbangan antara sosial dan intelektual bisa jadi akan mengganggu perkembangan. Bagaimana masa depan Arya sangat tergantung lingkungan sosialnya.

Ya, Arya Bagus Kevin, salah satu Mahasiswa Termuda UGM, memang harus memasuki dunia yang sama sekali baru bagi dirinya. Selama studi di UGM, ia juga harus berpisah dengan kedua orangtuanya. Dia juga tentu saja harus kos. Dia pilih tempat kos yang tidak jauh dari kampusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *