Ditemukan Fosil Dinosaurus Pertama dari Arab Saudi

fosil-dinosaurus-arab-saudiFosil dinosaurus sebenarnya sangat jarang ditemukan di Semenanjung Arab. Namun, itulah fakta terbaru yang terungkap oleh tim peneliti internasional dari Universitas Uppsala, Museum Victoria, Universitas Monash, dan Survei Geological Arab Saudi.

Negara yang sekarang ini kita kenal sebagai gurun kering ternyata dulunya merupakan pantai yang dikotori dengan tulang dan gigi reptil laut kuno dan dinosaurus. Potongan bagian ekor vertebrata seperti brontosurus sauropoda besar, serta beberapa pasang gigi dari karnivora teoropoda, mewakili identifikasi fosil dinosaurus pertama di Arab Saudi. Fosil-fosil itu ditemukan di bagian barat laut dari kerajaan, di sepanjang Laut Merah.

Temuan fosil itu diterbitkan dalam jurnal ilmiah Plos One yang ditulis secara bersama-sama oleh peneliti dari Swedia, Australia, dan Arab Saudi. Menurut Dr Benjamin Kear dari Universitas Uppsala di Swedia, fosil dinosaurus yang ditemukan di Semenanjung Arab itu sangat langka, hanya terdapat segelintir tulang yang terfragmentasi dan dapat didokumentasikan hingga saat ini.

Penemuan itu sangat penting dan tidak hanya karena penemuan sisa fosil tersebut, tetapi juga karena fakta bahwa kita benar-benar dapat mengidentifikasi mereka. Kear juga menambahkan itu merupakan fosil dinosaurus taksonomi yang dikenali pertama dan dilaporkan dari Semenanjung Arab.

Menurut Dr Tom Rich dari Museum Victoria, Australia, fosil dinosaurus dari jazirah Arab dan kawasan di Timur Laut Mediterania sangat langka karena adanya bebatuan sedimen yang tersimpan di sungai selama zaman dinosaurus, terutama di kawasan Arab Saudi sendiri.

Batuan sedimen yang didepositkan di arus dan sungai selama masa dinosaurus langka, terutama di Arab Saudi. Ketika dinosaurus-dinosaurus itu masih hidup, daerah-daerah tanah di Arab sebagian besar mengandung air dan membentuk daerah pantai di barat laut dari pesisir Benua Afrika. Fosil yang paling sulit ditemukan ialah fosil yang mereka dapatkan di Zajirah Arab.

Fosil yang ditemukan ialah gigi dan tulang yang diperkirakan berumur 72 juta tahun. Terdapat dua jenis dinosaurus yang dapat disimpulkan dari temuan itu, mengacu kepada bentuk tyranosaurus yang memiliki panjang 6 meter dan titanosaurus yang memiliki panjang sekitar 20 meter.

Dinosaurus serupa telah ditemukan di berbagai wilayah seperti di Afrika Utara, Madagaskar, dan sepanjang Amerika Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *