4 Tempat Bekerja Unik dan Nyentrik

4-tempat-bekerja-unik-dan-nyentrikRuang bekerja kreatif serta istilah coworking tengah mendapat sambutan hangat karena inovasinya. Lalu dari mana ide inovasi ini lahir? Mungkinkah dari tempat bekerja unik dan nyentrik?

Secara mengejutkan konsep bekerja bersama dalam suasana ruang kreatif telah muncul jauh dari bayangan kita. Berikut adalah 4 tempat bekerja unik dan nyentrik.

Leeser Architechture (Bekas Pabrik)

LEESER Architechture mengubah sebuah bekas pabrik di Brooklyn, Amerika Serikat, menjadi coworking space dengan nilai desain yang tiggi. Dikutip dari laman Deepen, kantor arsitek asal New York, Amerika Serikat tersebut menyulap lahan bekas pabrik menjadi ruangan bagi pekerja kreatil profesional, organisasi nonprofit, perintis usaha bidang teknologi informasi, atau pekerja paruh waktu. Tempat itu memiliki kapasitas lebih dari 500 ruangan. Keunikan tempat tersebut adalah penggunaan warna mencolok serta bentuk-bentuk kaku.

The Mill (Suasai Formal Minimalis)

Laman Technical menuliskan sebuah coworking space yang baru dibuka April 2016, The Mill, yang berlokasi di Nemours Building. Lokasi tempat itu sejalan dengan perkembangan Wilmington’s Innovation Corridor yang berkontribusi besar dalam pergerakan coworking di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat. Bangunan tersebut diarsiteki oleh Robert Herrera yang berkolaborasi dengan Buccini/Pollin Group. The Mill menawarkan semangat kolaborasi yang digerakkan oleh komunitas bagi mereka yang bekerja sendiri, paruh waktu, entrepreneur, atau perintis usaha teknologi informasi.

Blogfabrik (Bayar Sewa dengan Tulisan)

Pengguna coworking space di Blogfabrik, Berlin, Jerman tak menggunakan uang untuk membayar sewa tempat. Sebagai gantinya, mereka diharuskan membuat dua tulisan dalam satu bulan untuk konten blog dailyBreadMag. Dikutip dari laman Fast Company, anggota tempat itu juga berkewajiban mempromosikan artikel mereka di media sosial yang diikuti dan masing-masing menyusun satu kegiatan di tempat tersebut dalam setahun.

MAT (Berbagi Ruang yang Fleksibel)

MAT, sebuah studio desain dan riset membuka coworking space yang nyentrik di Beijing, Tiongkok. Laman Design Boom menyebutkan, coworking space itu didedikasikan untuk tempat observasi mengenai kompleksitas kaum urban. Keunikannya terletak pada model berbagi ruangan yang fleksibel. Terdapat berbagai fasilitas seperti bar, perpustakaan, serta toko retail kecil. Berdiri di lahan seluas 800 meter persegi, tempat itu didekorasi dengan warna biru dan kuning yang mencolok.

Demikianlah 4 tempat bekerja unik dan nyentrik yang diharapkan bisa membuat para pekerja memiliki inovasi yang tinggi dalam berkarya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *