5 negara dengan waktu puasa terlama didunia

Puasa yaitu salah satu kewajiban yang mesti di lakukan oleh umat muslim seluruhnya dunia. Kewajiban berpuasa ‘wajib’ di lakukan di bulan Ramadhan dengan 30 hari lamanya. 
Ibadah puasa di awali dengan makan sahur di sepertiga tengah malam serta di mulai disaat adzan subuh sampai kala Adzan Magrib berkumandang. 

Karena perbedaan waktu semua lokasi didunia, tentu ibadah puasa ini tidak memiliki waktu yang sama, jadi sangat mungkin ada beberapa daerah yang memiliki waktu siang lebih lama dan juga sebaliknya, hal ini akan mengakibatkan panjang atau pendeknya waktu dalam menjalankan ibadah puasa dimasing-masing daerah.

5 negara dengan waktu puasa terlama didunia

Kita yang merupakan warga Indonesia terbilang beruntung dikarenakan menjalankan puasa cuma 13 jam dalam sehari. Berbeda dengan negeri yang lain seperti negara-negara di daerah Skandinavia yang mesti berpuasa nyaris 21 jam lamanya dalam satu hari. 

Perbedaan waktu puasa ini disebabkan oleh perputaran Bumi dalam mengelilingi Matahari tidaklah lurus namun miring. namun ini hanya terjadi diwaktu tertentu, Maret sampai September, negara-negara di belahan bumi utara menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di selatan. Sementara di masa Oktober – Pebruari negara-negara di belahan selatan menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di utara. 

Berikut ialah negeri dengan waktu puasa terpanjang didunia

1. Skandinavia  21 jam 

5 negara dengan waktu puasa terlama didunia

Negara-negara skandinavia, contohnya Swedia, finlandia serta  norwegia tengah memasuki musim panas dimana matahari terbit sangat lama yakni 21 jam (1 hri kurang 3 jam), faktor ini menjadikan puasa di wilayah ini ialah yang terlama di dunia. 

Biarpun ketika puasa terjadi teramat lama, umat muslim disana bisa menjalankannya dengan baik, ada juga sebagian yang mengikuti waktu berbuka puasa di Arab Saudi. 

Tidak Sedikit ulama memperbolehkan umat muslim disana untuk berbuka di kala yang sama bersama Arab Saudi atau Turki. 

2. Rusia 19 jam

5 negara dengan waktu puasa terlama didunia

Salah satu negeri yang terletak di ujung paling utara bumi yaitu rusia yang memiliki waktu siang lebih lama, 
dinegeri ini umat islam mulai menjalankan ibadah puasa sejak imsak pada jam 03 : 15 hingga datangnya waktu berbuka yaitu pukul 21 : 37, yang berarti umat muslim dinegara rusia menjalankan ibadah puasa nyaris selama 19 jam setiap harinya. 

3. Inggris 17 jam 45 menit

5 negara dengan waktu puasa terlama didunia
Umat muslim yang tinggal di negara inggris melakukan ibadah puasa selama 17 jam 14 menit setiap harinya, ini berarti berbeda 2,5 jam lebih pendek jika dibandingkan dengan waktu menjalankan ibadah puasa di negara Rusia. 

4. Amerika Serikat 16 jam

5 negara dengan waktu puasa terlama didunia
Diamerika serikat (AS) umat muslim menjalankan ibadah puasa cukup lama, meskipun tidak selama seperti dinegara rusia, namun cukup jauh berbeda jika dibandingkan dengan kita yang menjalankan ibadah puasa di indonesia, diamerika umat muslim menjalankan puasa selama 16 jam setiap harinya.

5. Jepang 15 jam 37 menit 

5 negara dengan waktu puasa terlama didunia
Berbeda dengan umat muslim yang berada ni negeri matahari terbit, umat islam menjalankan ibadah puasa di negara jepang dengan waktu 15 jam 37 menit setiap hari.
Tidak Hanya memiliki waktu berpuasa yang lama, umat muslim disana juga sangat kesulitan untuk menemukan restoran yang jual makanan halal. 
Nah itu adalah beberapa negara dengan waktu berpuasa terpanjang didunia, ketika berbicara terpanjang tentu saja kita penasaran apakah ada yang justru sebaliknya, yuk simak negara-negara dengan waktu puasa tersingkat didunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *